Sunday 15 July 2012

AKHIRNYA… berisi juga ne blog (itupun juga karena tugas... ckckck).

Halo semua pembaca setia blog saya (?)

Oke kali ini saya akan berbagi pengalaman saya selama 2 hari melakukan outbound bersama teman – teman ITB Seamolec Batch 6. 2 hari yang akan dikenang selamanya.

Sebelumnya saya ini adalah tamatan D3 Politeknik Negeri Padang a.k.a Politeknik Universitas Andalas. Setelah berjuang dengan keras hingga titik darah penghabisan (aseek...) akhirnya saya berhasil menamatkan perkuliahan D3 saya.

2 bulan setelah wisuda pun berlalu tanpa mendapatkan pekerjaan, wah.... ga boleh begini terus ne. Akhirnya otak saya yang canggih ini pun mulai berpikir dengan menganalisa, mengumpulkan, merelasikan, dan mengkonversikan semua kemungkinan jawaban untuk mengatasi status saya yang PENGACARA ini. Dan solusinya adalah.... jreng jreng jreng.... Lanjut Kuliah sodara2... hhe... :-). Kebetulan ada temen ngajak untuk coba ikut program alih jenjang D3 ke D4 di ITB yang bekerja sama dengan SEAMOLEC ini.

Setelah mengikuti seleksi online dan dinyatakan lulus, saya segera menyiapkan semua persyaratan pendaftaran yang dibutuhkan dan berangkat menuju kota Bandung. Sayang banget temen yang ngajak saya ke program ini tidak dapat pergi meski sudah lulus seleksi karena ada beberapa kendala :-(. Maybe next chance... I’ll be waiting here for you guys... Keep Spirit!

Ini pertama kalinya saya turun gunung sempat sedih juga ketika akan meninggalkan kampung halaman. Saya berangkat dari padang ke bandung with My Father. Selama masa pendaftaran di Bandung kami tinggal di rumah temen papa yang kebetulan juga mempunyai kamar kos2an.


OUTBOUND

Jiaaahhh… itulah kata pertama saya dalam hati ketika mendengar jadwal outbound dimajukan dari jadwal sebelumnya.
Kenapa Pak, kenapaaaa…..!!
Baru juga nyampe di Bandung udah harus pergi lagi… Belum ngapa - ngapain ne disini…
Tapi gpp lah, ntar juga balik lagi kesana…
Jadi 2 hari setelah pendaftaran, saya berangkat ke Tangerang Selatan Markas Besarnya Seamolec. Kali ini saya berangkat bareng dengan salah satu senior saya semasa di kampus dulu yang kebetulan juga mengikuti program D4 ini, Bang Sidiq, yups.. That’s his name!
Di tangerang inilah  ± 3 bulan saya dan temen – temen program D4 ITB akan menjalani perkuliahan. Dan Outbound adalah kegiatan pertama yang akan kami lakukan disini.


HARI I

Jam 01:00 siang kami semua berkumpul di gedung SEAMOLEC yang terdapat di kawasan kampus Universitas Terbuka. Disana kami dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:
  1. Kuda
  2. Kerbau
  3. Harimau
  4. Matahari ß ga nyambung
BTW tu yang Matahari kelompok saya…. (Bangga, beda dari yang lain soalnya J).
Pada hari pertama ini kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah game cerdas cermat. Disini setiap kelompok akan saling berebutan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Dan bagi kelompok yang dapat menjawab pertanyaan akan mendapat poin berupa bintang.

Salah satu kegiatan yang menarik disini adalah kegiatan entrepreneur. Disini kami diberi tugas oleh pemateri untuk menjual satu kotak pena Snow**n yang berisi 10 buah ke orang – orang sekitar. Setiap kelompok masing – masing mendapatkan satu kotak pena. Yang GILAnya kami harus menjual pena yang cuman seharga 2 ribuan tersebut dengan harga yang setinggi – tingginya.

Mw lebih gila lagi??

Hasil dari penjualan tersebut harus bisa menghasilkan jutaan rupiah.

sekali lagi JUTAAN RUPIAH!!

ARE U KIDDING ME!!

Ni orang cuman ngetes doank atau emang serius ya…

o ya nama si pemateri tersebut adalah Bapak STANLEY. Beliau adalah seorang ahli psikologi yang ga perlu diragukan lagi keahliannya dalam memberikan motivasi. Beliau adalah motivator handal….

Awalnya kami bingung bagaimana caranya, namun setelah kami diberikan tips & triknya oleh Pak Stanley, Alhamdulillah Mission Success :-)

pengen tau caranya??? Hmm… kasih tau ga ya…
Makanya kalo pengen tau, gabung kesini aja hhe…

Hikmah dari kegiatan entrepreneur ini adalah bahwa segala sesuatu yang kita miliki walaupun terlihat kecil namun apabila kita mampu memanfaatkannya segala peluang dengan baik, mau berusaha, dan kreatif maka rezeki akan menghampiri kita.

Kegiatan berlanjut hingga malam hari, Pak Stanley memberikan motivasi, semangat dan masukan bagaimana menjalani hidup kepada kami. Api unggun pun membuat suasana tersebut menjadi lebih khidmat. Terima kasih Mr. Stanley, ini adalah suatu pelajaran hidup yang sangat berharga bagi kami


HARI II

Kali kami harus berkumpul di lapangan pukul 05.30 pagi. Kegiatan lebih banyak dilakukan di luar lapangan karena akan dilakukan beberapa game yaitu:
  1. Jaring Musuh
Disini kita harus melewati suatu terowongan yang terbuat dari tali. Terowongan tersebut harus dilewati tanpa harus mengenai talinya.

  1. Spiderweb
Hampir sama dengan game jaring musuh, tali dirangkai seperti sebuah jala laba – laba. Seluruh anggota tim harus melewati jala tersebut tanpa mengenai talinya.

  1. Menembus Waktu
Ini adalah sebuah game ingatan. Di lantai terdapat kotak – kotak kecil yang terbuat dari tali. Anggota tim harus melewati kotak – kotak tersebut dari Start sampai Finish sesuai dengan jalur ada pada kertas petunjuk. 

  1. Game Kelereng
Pada game ini kelereng harus dimasukkan ke dalam sebuah pipa air yang kecil. Kelereng dialirkan dengan cara menyambung potongan – potongan bambu.

Game – game tersebut bukanlah sekedar permainan biasa. Namun di dalam game tersebut banyak terkandung makna yang sangat dalam. Disini kita belajar bahwa konsentrasi, ketelitian, kesabaran, sikap kepemimpinan, kerja sama, saling percaya antar sesama anggota tim, saling menjaga, dan tolong menolong adalah hal – hal yang sangat diperlukan ada pada suatu tim. Game ini juga membuat kami semua semakin dekat.

Masih ada beberapa game lagi yang juga membutuhkan kerja sama tim, pokoke hari ini benar - benar full dengan game deh… having fun banget lah… :-)

Di akhir kegiatan outbound, panitia outbound dengan mengumumkan tim mana yang keluar sebagai juara. Penilaian dilakukan berdasarkan perolehan bintang dan poin yang didapat selama kegiatan outbound dilakukan. Alhamdulillah kami tim MATAHARI berhasil menjadi runner up, kalah tipis dari kerbau yang keluar sebagai juara pertama (tipis doank loh) :-).

Kemudian kegiatan outbound ditutup oleh Pak Stanley dengan memberikan renungan hidup tentang betapa besarnya pengorbanan orang tua kita untuk anaknya.

Terima kasih banget kepada Tim panitia Seamolec yang telah mengadakan kegiatan outbound ini. Kepada Pak Stanley yang telah menjadi Motivator dan Inspirator bagi kami semua yang telah membuka pikiran kami semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin apabila kita mw berusaha, salut deh buat Bapak. Juga kepada semua temen – temen ITB SEAMOLEC Batch 6 semoga kita semua tetap bertahan hingga akhir perkuliahan tanpa ada yang berkurang, aminnnn…..! kompak selalu ya fren… :-)

1 comment:

  1. kern bg blog ny ^^..
    oy bg sya mw nanyak.. ntr lg kan sya tmt dri d3 manjemen infrmtka unri. jdi rncanya mw nglnjutin ke d4/s1 tknik infrmtika ksehatan ITB. trus kra2 biayany brpa y bg ? hehehe..
    keep spirit bg !!! ^^

    ReplyDelete