Thursday 2 August 2012

Sebelum kita mulai menggunakan Framework CodeIgniter (CI) kita terlebih dahulu harus mempunyai file CI dan Web Server. Untuk Web Server saya menggunakan aplikasi XAMPP. Untuk file CI dapat di download di http://codeigniter.com. Berikut langkah – langkahnya:


1. Jalankan web server (xampp. Ekstrak file CI ke dalam folder C:/xampp/htdocs. Ubah nama folder hasil ekstrak dengan nama yang anda inginkan, disini saya menggantinya dengan “d4b6”.



2. Langkah selanjutnya adalah membuat database. Buat sebuah database dengan nama “db_d4b6”.




Buka php editor kesayangan anda. Ubah file – file yang ada di folder C:/xampp/htdocs/d4b6/application/config sesuai dengan gambar berikut:




4. Buat sebuah file baru dengan nama “news.php” di dalam folder application/controller. Isi file tersebut sesuai gambar berikut:

Keterangan :
·     (IMPORTANT!! )Nama class harus sama dengan nama file yang dibuat dan sebaiknya diawali dengan huruf besar
·         $data adalah sebuah variable yang berfungsi untuk menampung array yang dibuat.
· Perintah $this->load->view(‘view_header’,$data); berfungsi untuk meload file view_header.php dan isi array yang ada pada $data.
·  Perintah $this->load->view(‘view_news_show’,$data); berfungsi untuk meload file view_news_show.php dan isi array yang ada pada $data.
· Perintah $this->load->view(‘view_footer’,$data); berfungsi untuk meload file view_footer.php dan isi array yang ada pada $data.


5. Pindah ke folder application/views kemudian buat 3 buah file PHP yang akan di load tersebut. Untuk file view_header.php dan view_footer.php dapat kita di isi sesuai dengan kenginan. Sedangkan untuk file view_news_show.php isi sesuai dengan gambar berikut:



6. Untuk melihat hasilnya dengan membuka web browser. Pada address bar ketikkan alamat localhost/d4b6/news. Maka hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut:
 


Sekian dulu, untuk cara memanggil data dari database akan kita bahas next time… ciao…^_^


0 comments:

Post a Comment